Area Ginapodia... Jika dilihat dr susunan kata-katanya, maka area merupakan sebuah tempat, gina artinya perempuan, dan podia berasal dari bahasa Latin yakni podos yang artinya kaki,,so, dapat disimpulkan bahwa bLog ini merupakan tempat jejak kaki saya selaku seorang perempuan dalam menapaki kehidupan...

SISTEM RESPIRASI

21.29 Edit This 0 Comments »
Standar Kompetensi :
Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas.

Kompetensi Dasar :
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung).

Pengertian Respirasi
Respirasi atau pernapasan merupakan proses pengambilan oksigen dan pengeluaran karbon dioksida untuk menghasilkan energi yang akan digunakan untuk berbagai aktivitas hidup. Pernapasan pada manusia, seperti halnya pada Mammalia lain, dilakukan secara tidak langsung dan bertahap. Pernapasan tidak langsung artinya udara pernapasan tersebut tidak langsung berdifusi ke permukaan kulit tetapi berdifusi melalui paru di dalam tubuh. Adapun pernapasan bertahap artinya terjadi dua kali pertukaran antara O2 dan CO2. Pertukaran pertama dinamakan respirasi luar karena terjadi difusi gas dari luar menuju aliran darah, sedangkan pertukaran kedua dinamakan respirasi dalam karena terjadi pertukaran gas antara aliran darah dan sel-sel tubuh.

Pada saat respirasi luar, terjadi pengikatan O2 oleh hemoglobin (Hb) dan pelepasan CO2 oleh paru. Adapun pada pernapasan dalam terjadi pelepasan O2 dari Hb yang kemudian masuk menuju cairan tubuh atau sel-sel tubuh dan CO2 masuk ke dalam darah. Kedua proses tersebut dapat dituliskan sebagai berikut :
Pernapasan luar : Hb + O2 HbO2 (Oksihemoglobin)
Pernapasan dalam : HbO2 Hb + O2

Pada pernapasan tingkat seluler berlangsung di dalam mitokondria. Sari-sari makanan disekeliling sel akan diuraikan untuk menghasilkan energi bebas. Energi ini akan digunakan utnuk mengubah adenosin difosfat (ADP) menjadi adenosin trifosfat (ATP) dengan mengikat satu fosfat. Sistem pernapasan manusia disusun oleh alat-alat pernapasan dan mekanisme pernapasan.




0 comments: