Area Ginapodia... Jika dilihat dr susunan kata-katanya, maka area merupakan sebuah tempat, gina artinya perempuan, dan podia berasal dari bahasa Latin yakni podos yang artinya kaki,,so, dapat disimpulkan bahwa bLog ini merupakan tempat jejak kaki saya selaku seorang perempuan dalam menapaki kehidupan...

Sistem Respirasi Porifera

21.26 Edit This 0 Comments »

Hewan fillum Porifera atau kelompok hewan berpori tubuhnya tersusun atas banyak sel dan memilki jaringan yang sangat sederhana. Hewan ini banyak ditemukan di pantai atau laut. Porifera tidak memiliki alat pernafasan khusus.Alat respirasinya masih sangat sederhana.Air yang mengandung oksigen terlarut masuk melalui pori-pori tubuhnya.Selanjutnya oksigen yang terlarut dalam air masuk melalui sel-sel permukaan tubuhnya, yaitu sel koanosit secara difusi.

Di dalam mitokondria pada sel koanosit,oksigen digunakan untuk mengurai molekul organic menjadi molekul anorganik yang disertai pelepasan karbondioksida. Selanjutnya molekul-molekul karbondioksida yang terlarut dalam air akan bergerak berlawanan arah menuju membram sel dan keluar menuju spongosol. Air dalam spongosol digerakkan oleh flagellum sel koanosit dan mengalir keluar melalui oskulum.

0 comments: